Laman

Senin, 11 Juni 2012

Optimalkan Hari Dalam 5 Menit!

6 Cara kilat kilat bangkitkan mood dan semangat tiap hari.

Mungkin kita semua sepaham bahwa 5 menit bukanlah waktu yang lama. Tapi 5 menit bisa menjadi waktu cukup panjang untuk kita bisa melakukan satu hal yang bisa merubah hari kita menjadi lebih baik. Tidak percaya?
Kadang kesibukan kita membuat waktu 24 jam belum cukup untuk bisa menyelesaikan semua kerjaan dan aktivitas. Karenanya tidak jarang juga kita sering merasa stres atau selalu dikejar-kejar oleh waktu. Coba 5 langkah di bawah ini yang akan membantu kita meredakan stres dan meningkatkan mood serta energi. Jadikan ini sebagai senjata yang kita butuhkan untuk mampu menghadapi segala tantangan sepanjang hari, agar kerjaan kita bisa selesai tepat pada waktunya. Anda siap?
1. Dimulai dari kasur. Sambut hari dengan sebuah rutinitas kecil yang bisa membentuk suasana menenangkan bagi kita mulai dari kamar tidur. Gretchen Rubin, penulis buku The Happiness Project, menuliskan banyak orang yang merasakan manfaatnya dengan melakukan langkah sederhana ini dalam rutinitas harian mereka. Coret hal pertama dalam to-do-list harian kita, dengan begini kita akan mengurangi satu hal yang harus dikhawatirkan untuk hari ini.
2. Saatnya ngemil sehat. Sebelum melangkahkan kaki keluar rumah di pagi hari, mampir dulu ke dapur untuk mengambil buah (pisang, apel, atau anggur) atau camilan sehat (kacang atau keju rendah lemak). Langkah ini bisa mejadi trik untuk menganjal rasa lapar hingga waktu makan siang tiba, dibanding kita menggantinya dengan menggunyah satu kantong keripik atau camilan manis yang tidak sehat.
3. Bersihkan meja kerja. Mungkin kita membutuhkan waktu lebih dari 5 menit untuk membersihkan meja rias, tapi tidak untuk mengatur kembali meja kerja kita. Mulai bereskan kertas-kertas yang tidak terpakai lagi sampai pulpen yang berserakan. Kondisi meja yang berantakan bisa mengganggu fokus dan produktivitas kerja kita. Buat ruang kerja yang bersih, lega dan nyaman, maka kita akan merasa lebih cerah, fokus, dan termotivasi untuk tetap berkonsentrasi pada tugas yang diberikan.
4. Nyalakan musik. Beberapa studi menemukan bahwa mendengarkan musik bisa menurunkan tekanan darah, meredakan stres, dan meningkatkan mood. Musik yang tepat memiliki kekuatan untuk mengubah sikap kita. Yuk, isi mp3 player atau komputer kita dengan daftar lagu khusus yang akan memberikan senyuman di wajah kita.
5. Menghirup aroma lemon. Trik simpel dan instan untuk meredakan stres adalah dengan menstimulasi indra peciuman kita. Para peneliti dari Jepang menemukan kandungan linalool dalam lemon, memiliki khasiat anti peradangan dan meningkatkan respon penurun stres. Aroma dari basil dan lavender juga mampu meredakan stres.
6. Lakukan peregangan. Tidak perlu melakukan gerakan yoga yang sulit, cukup mengangkat kedua tangan ke atas kepala. Atau, regangkan kaki dengan berjalan sebentar keluar. Peregangan bisa membantu kita mengoptimalkan sirkulasi darah dan fleksibilitas tubuh, plus membantu mengatasi otot yang tegang yang biasanya datang menyertai stres.
sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar